Negara yang Memanfaatkan Energi Terbarukan hampir 100% (PLTB)

Inilah Negara yang Memanfaatkan Energi Terbarukan Dengan Target 100%

http://amirakostader.blogspot.co.id/2016/12/memanfaatkan-air-sebagai-energi.html

LIHAT JUGA: Download IDM Full Persi (GRATIS)

Energi terbarukan energi yang berasal dari "proses alam yang berkelanjutan", seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air proses biologi, dan panas bumi.

Pemerintah otonomi Skotlandia merencanakan pada 2020 semua daerah di wilayahnya harus memenuhi listriknya dari energi terbarukan. Ini akan menjadi kejutan bagi dunia, sebab Skotlandia dikenal sebagai salah satu negara penghasil minyak dan gas terbesar di Eropa. Berdasarkan data wikipedia, kontribusi minyak dan gas Skotlandia mencapai 35 miliar ponsterling per tahun.  Jika ini terwujud, maka Skotlandia akan dikenal sebagai negara penghasil minyak dan gas yang memenuhi kebutuhan listriknya tanpa emisi karbon.

Hembusan angin di Skotlandia terlihat meningkat.  Badai dengan angin berkecepatan 60 mil per jam telah memporakporandakan beberapa bagian Skotlandia. Namun, ini berkah bagi PLTB di Skotlandia. Per hari PLTB bisa menghasilkan 39.545 megawatt, padahal kebutuhan harian hanya 2.000 megawatt.

Caranya, Pemerintah Skotlandia akan memaksimalkan energi pasang surut air laut yang saat ini belum termanfaatkan. Diperkirakan, jika aliran air deras di pasang surut di wilayah antara Pentland Firth, Orkney, dan daratan Skotlandia dimanfaatkan maka listrik yang dihasilkan bisa memenuhi setengah kebutuhan Skotlandia. Jika Skotlandia bisa mewujudkan mimpi ini, maka Inggris raya dapat mengurangi jumlah emisi karbon secara drastis.

Kabar gembira dari Skotlandia ini membuat pemerintah Inggris mempertimbangan kebijakan energinya. Perdana Menteri Inggris Theresa Mei memutuskan menunda pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Hinckley sektor Barat Daya Inggris. Berdasarkan laporan pemerintah, harga listrik dari PLTN bisa lebih mahal tiga kali lipat dibandingkan listrik dari energi terbarukan. Seperti diketahui, pembangunan PLTN membutuhkan waktu 10-15 tahun. Dilain pihak, investasi energi terbarukan diprediksi akan terus turun pada 10-15 tahun yang akan datang. Alasan Pemerintah Inggris menunda pembangunan PLTN murni karena alasan komersial.

Langkah ekstrim seperti pemerinta Skotlandia, meskipun tetap harus memperhatikan potensi yang ada. Setiap kebijakan harus dipertimbangkan secara matang dampak untung dan ruginya. Indonesia harusnya bisa berkaca dari kebijakan-kebijakan terobosan seperti ini. Tapi tetap, memperhatikan kepentingan nasional dan tidak boleh meniru secara membabi buta.

Indonesia seharusnya mampuh meningkatkan Energi Terbarukan sebab mempunyai sumber daya alam yang cukup memadai di bandingkan negara-negara yang lain, jika ini bisa di terapkan di indonesia secara maksimal maka anak cucu kita nantinya akan menikmatinya seperti Skotlandia. Namun itu sulit untuk saat ini karena pemerintah kurang memaksimalkan di bidan Energi Terbarukan, karena pemerintah hanya mengeutamakan kepentingan politik dan dirinya sendiri, sehingga kita sampai saat ini selalu menjadi negara berkembang, serta kekanyaan alam kita di kuasai oleh pihat asing, Sangat di sayangkan sumber danya alam kita di sedok orang lain dan pasti di masa yang akan datan kita akan semakin sulit bersaing. Di dalam harapan saya semoga semakin hari tumbuh bibit pemimpin yang betul-betul mengapdi untuk negara.

Terima kasih atas kunjungan anda di blog saya, semoga artikel ini menjadi kunci untuk indonesia yang lebih baik, itulah harapan saya saat ini.

Comments
0 Comments